Telah memiliki Akun EMIS Lembaga. Dan lembaga sudah terdaftar dalam referensi EMIS. (Bagi Lembaga yang belum memiliki akun EMIS, harap koordinasi dengan Operator Kankemenag)
Download Aplikasi Feeder EMIS (AFE) dari link resmi EMIS
Ekstrak dan Jalankan File Aplikasi emis.exe di Komputer Lokal
Login Pertama (Login dan Get Data) harus Online.
Ambil Data Lampau (Siswa, GTK dan Sarpras) pada menu Data Lampau
Lakukan Update Data (Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras), bisa dilakukan offline. Ada beberapa isian yang dikunci, yaitu NISN, Nama, NIK bagi Siswa, sedangkan Guru adalah NUPTK, NIK dan Nama Guru, kecuali jika dalam keadaan kosong, Pastikan sarpras diisi lengkap (Tanah, sumber listrik, ruangan, sanitasi). Jika saat update form seperti terkunci, klik luar window balik ke dalam window aplikasi/freez
Yang baru di semester ganjil ini adalah data Mandatory yang harus dilengkapi di data siswa dan data sanitasi
Sinkronisasi Data seluruh data pokok (Lembaga, Siswa, Guru dan Sarpras), Biasanya yang paling lama saat ini adalah proses sinkronisasi Siswa.
Cek Data hasil sinkroniasi di Feeder Monitoring (FM), http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor
Di FM dapat melakukan Pemutakhiran Data sampai dengan Cetak BAP. Sebelum Cetak BAP, Pastikan data sudah benar dan valid, selanjutnya memilih menu Konfirmasi Data (Menu Cetak dan Upload BAP akan aktif jika Konfirmasi Data sudah dilakukan.)
Cetak dan Upload BAP. Cetak untuk ditandatangani Kepala Madrasah dan Upload BAP yang sudah ditandatangani
Lakukan export semua data dan matching data lengkap sebagai backup sewaktu-waktu diperlukan.
Selesai
BAP yang sudah diupload, menandakan pendataan sudah final, Data akan terkunci. tetapi jika terdapat kekeliruan Data di BAP yang sudah upload, diberikan kesempatan perbaikan dengan mekanisme mengajukan Pembatalan BAP melalui akses menu upload BAP. Jika belum diupload perbaikan masih bisa dilakukan.